Cari Blog Ini

Jumat, 06 Januari 2012

Persiapan Belajar Menghadapi semester

PERSIAPAN BELAJAR YANG BAIK

Ada juga beberapa saran yang diperlukan untuk persiapan belajar seperti yang dikemukakan oleh crow and crow. Crow and crow secara lebih praktis mengemukakan saran-saran yang diperlukan untuk persiapan belajar yang baik seperti yang diuraikan berikut:
1.       Adanya tugas-tugas yang jelas dan tegas
Dengan tugas yang jelas perhatian siswa dapat diarahkan kepada hal-hal khusus mana saja yang perlu dipelajari dengan baik dan bagaimana cara mempelajarinya.
2.       Belajarlah membaca dengan baik
Kepandaian membaca sangat diperlukan untuk memperoleh pengetahuan dan mengerti benar apa yang dibacanya. Bahkan lebih baik lagi jika pembaca dapat mengerti apa dan bagaimana pandangan pengarang dengan tulisannya itu.
3.       Buatlah outline dan catatan-catatan pada waktu belajar
Catatan-catatan yang disusun dalam bentuk outline sudah dapat menggambarkan garis besar keseluruhan dari apa yang telah dipelajari. Maka mereka tidak perlu lagi membaca seluruh buku yang akan memakan waktu lebih lama.

4.       Kerjakan atau jawablah pertanyaan-pertanyaan
Cara belajar yang baik jika sambil belajar siswa membuat pertanyaan –pertanyaan sendiri, dan kemudian menjawabnya berdasarkan apa yang telah dipelajarinya. Memformulasikan jawaban-jawaban dari pertanyaan-pertanyaan lebih dapat diingat lama daripada pengetahuan yang hanya diperoleh melalui membaca atau menghafal.
5.       Hubungan bahan-bahan baru dengan bahan-bahan yang lama
Sebelum siswa mulai mempelajari tugas-tugas untuk hari berikutnya, dia harus mengulangi kembali pelajaran-pelajaran yang lampau yang ada hubungannya dengan bahan pelajaran yang akan dipelajarinya. Dalam hubungan inilah bahan-bahan yang lama seringkali diperlukan untuk mempelajari bahan-bahan yang baru.
6.       Gunakan bermacam-macam sumber dalam belajar
Buku pelajaran yang berjudul sama belum tentu isinya sama. Setiap pengarang memiliki kelebihan dan kekurangan. Di dalam belajar, siswa hendaknya dibiasakan untuk menjelajahi berbagai sumber atau buku untuk lebih memperluas dan memperdalam pengetahuan mereka.
7.       Pelajari baik-baik tabel, peta, grafik, gambar, dsb.
Dengan mempelajari gambar, tabel, grafik, atau peta yang terdapat di dalam buku, siswa dapat memperoleh pengertian yang lebih jelas dan seringkali lebih luas dari pada membaca uraian-uraian yang panjang lebar.
8.       Buatlah rangkuman dan review
Semakin pandai siswa membuat rangkuman, semakin mudah baginya untuk mengadakan review atau mengulang kembali pelajaran yang telah diterimanya. Rangkuman dan review memberikan kesempatan kepadanya untuk merefleksikan, mengingat kembali, dan mengevaluasi isi pengetahuan yang telah dikuasainya.

Sumber :
Crow, Lester D., Ph. D. and Alice Crow, Ph. D., Educational Psychology, American Book Company, New York, 1958.
Diadaptasi dari http://psikologi-artikel.blogspot.com/search/label/Psikologi%20Belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar